Les Private Jadi Opsi Terbaik bagi Siswa untuk Tingkatkan Kualitas Akademik

Posted on November 24, 2020Komentar Dinonaktifkan pada Les Private Jadi Opsi Terbaik bagi Siswa untuk Tingkatkan Kualitas Akademik

Seringnya kita menjumpai siswa yang merasa kurang puas dengan prestasinya di sekolah. Tampaknya belajar di sekolah dirasa kurang cukup untuk mendongkrak prestasi karena dinilai kurang fokus dan detail soal penyampaian materi di kelas. Sebagai bagian upaya pendalaman materi, siswa dapat mencari jalan lain seperti mempelajari lagi materi yang sama di luar jam sekolah atau bahkan di rumah. Atau bisa juga dengan join dengan program les private seperti yang biasa ditawarkan oleh para penyedia jasa les private seperti salah satu yang terkenal adalah les private Jakarta

Dibandingkan dengan program bimbingan belajar, les private menjadi pilihan terbaik karena lebih efektif untuk tingkatkan kualitas akademik karena dukungan beberapa faktor berikut:

Faktor Les Private Tingkatkan Kualitas Akademik

Faktor Les Private Tingkatkan Kualitas Akademik

Waktu Belajar yang Fleksibel

Salah satu keunggulan dari program les private untuk tingkatkan kualitas akademik adalah waktu belajar siswa yang fleksibel. Fleksibel di sini artinya waktu belajar dapat disesuaikan dengan jadwal siswa. Menariknya lagi, penentuan jadwal les dapat dikoordinasikan dengan siswa. Dengan cara seperti ini, kegiatan belajar pun dapat diselenggarakan di hari dan di jam yang tepat. Misal, di sore hari setelah siswa usai belajar di sekolah. Atau di malam hari ketika siswa benar-benar bebas dari kegiatan sekolah. 

Kondisi ini sangat berbeda dengan program les atau belajar tambahan via lembaga bimbingan belajar. Secara garis besar, kegiatan belajar di sebuah lembaga bimbingan belajar sangat mirip dengan kegiatan belajar di kelas di sekolah. Hanya saja jumlah siswa yang diajar jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah siswa di kelas di sekolah. Kemudian metode belajar yang diimplementasikan berbeda dengan metode belajar di kelas biasa di sekolah. Artinya, siswa tidak bisa bebas menentukan jadwal belajar apabila join dengan kegiatan belajar di sebuah lembaga bimbingan belajar. Jadwal belajar sepenuhnya ditentukan oleh pihak pengelola bimbingan belajar. 

Belajar Di Rumah

Keunggulan lainnya yang tentunya sangat menguntungkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, adalah kegiatan belajar yang berlangsung di rumah. Dengan belajar di rumah, ada banyak keuntungan terutama bagi siswa dan orang tua siswa. Sebut saja salah satunya adalah kepraktisan. Orang tua tidak perlu repot mengantarkan anaknya ke sebuah lokasi les. Cukup belajar di rumah saja karena tutor les private yang akan mendatangi rumah siswa. Orang tua di sini pun tidak akan merasa cemas karena kegiatan belajar sepenuhnya diselenggarakan di area tempat tinggal siswa yang notabene adalah tempat paling aman dan homey. Nah, suasana homey ini secara tidak langsung akan membuat lingkungan belajar lebih nyaman, sehingga kegiatan belajar akan terasa optimal. 

Keuntungan lainnya yaitu soal pengawasan. Karena kegiatan belajar diselenggarakan di rumah, orang tua dapat mengawasi kegiatan belajar secara langsung. Dari sini, orang tua dapat melihat progress yang dialami oleh buah hatinya. Orang tua juga dapat menilai kualitas tutor hanya dengan mengobservasi metode pembelajaran yang digunakan. 

Suasana belajar yang kondusif dan tenang menjadi keuntungan berikutnya dari program les private. Coba bandingkan ketika siswa belajar di kelas. Suasananya sudah pasti lebih ramai. Kondisi ini bukanlah kondisi yang ideal untuk belajar secara optimal. Berbeda sekali ketika siswa belajar secara eksklusif dan private di rumah sembari dibimbing oleh seorang tutor yang profesional dan kompeten. 

Baca juga: Facebok Mengadapi Persaingan Ketat Di Dalam Dunia Sosial Media

Kegiatan Belajar lebih Fokus

Yuk kita bandingkan dengan kelas di sekolah. Dari segi jumlah, guru di kelas jelas harus menyampaikan materi kepada lebih dari 40 siswa, sedang seorang tutor di sebuah lembaga bimbingan belajar harus menyampaikan materi kepada 15-20 siswa di kelas. Kondisi ini jauh berbeda dengan kondisi kelas les private yang mana tutor les private hanya perlu menyampaikan materi kepada satu siswa saja. Dengan kata lain, kegiatan belajar di sini bersifat eksklusif dan private. Hanya dengan melalui program les private, tutor dapat fokus untuk mengoptimalkan potensi belajar seorang siswa saja. Tentu saja ini akan jauh lebih efektif dan optimal bagi siswa untuk memahami segala jenis materi yang disampaikan oleh tutor. 

Siswa dapat Eksplor Kemampuan

Dengan memilih les private, setidaknya siswa dapat dengan leluasa mengeksplor kemampuan, minat, dan bakat yang dimilikinya. Hal ini sangat berbeda dengan belajar di sekolah dan di lembaga bimbingan belajar. Seringnya, siswa cenderung enggan untuk bertanya kepada guru di kelas terkait dengan materi yang baru saja disampaikan. Demikian juga dengan siswa-siswa di kelas program bimbingan belajar. Ada banyak faktor yang menyebabkan siswa enggan atau malas bertanya kepada guru atau tutor. Misalnya saja faktor rasa malu, kurang percaya diri, takut, minder, gengsi, dan masih banyak faktor lainnya. 

Sedang melalui program les private, siswa dapat bisa lebih aktif untuk bertanya tentang apa saja yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan oleh tutor. Siswa juga dapat turut aktif dalam mengemukakan opininya terkait dengan topik materi pembelajaran. Pada intinya, siswa akan jauh lebih berani dan percaya diri untuk menjadi siswa yang aktif karena ia hanya satu-satunya siswa. Ia tidak merasa minder ataupun malu karena tidak ada lagi siswa selain dirinya. 

Tutor adalah Pengajar Profesional dari PTN Berkualitas

Les private terkenal seperti les private Jakarta pastinya akan didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman. Para pengajar tentunya bukan dari perguruan tinggi biasa, melainkan perguruan-perguruan tinggi ternama yang terkenal dengan kualitasnya. Akan jauh lebih baik lagi jika tutor-tutor didatangkan dari universitas keguruan seperti NY, UNJ, UPI, UNM, dan masih banyak lainnya. Deretan universitas keguruan ini terbukti telah menelurkan lulusan-lulusan terbaik dengan bekal keguruan yang mumpuni. 

Sesi Konsultasi

Nah, sesi konsultasi adalah bagian dari kegiatan belajar yang paling ditunggu oleh siswa pada program les private. Pada sesi konsultasi ini, siswa bebas berkonsultasi seputar materi yang kiranya masih belum bisa dipahami oleh siswa atau pun pelajaran yang dikuasai seperti bahasa inggris. Dengan bekal keterampilan mengajar yang baik, tutor akan menjelaskan bagian materi yang masih belum bisa dipahami oleh siswa secara detail. Bahkan tutor biasanya akan menggunakan media tertentu agar materi yang disampaikan jauh lebih mudah untuk dipahami oleh siswa. 

Progress Studi Siswa dapat Dipantau Kapan Saja

Keunggulan lainnya dari program les private adalah orang tua dapat memantau progress yang didapat oleh putera-puterinya. Orang tua siswa dapat menanyakan progress belajar putera-puterinya secara langsung kepada tutor. Orang tua juga dapat menanyakan seputar hambatan atau kendala belajar secara langsung kepada tutor.

Sebenarnya masih ada keunggulan les private. Misal soal biaya yang mana biaya les private lebih terjangkau bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat join dengan program bimbingan belajar. Padahal dari segi output, sebenarnya tak beda jauh. 

Komentar Dinonaktifkan pada Les Private Jadi Opsi Terbaik bagi Siswa untuk Tingkatkan Kualitas Akademik