Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek

Posted on November 21, 2020Komentar Dinonaktifkan pada Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek

Alat Safety – Semasa pemerintahan Presiden Jokowi, telah dibangun cukup banyak proyek infrastruktur besar-besaran, mulai dari pembangunan jalan tol di berbagai daerah, jembatan raksasa, dan lain sebagainya.

Bahkan pembangunan proyek ini masih berlangsung, terutama di beberapa provinsi luar Jawa. Momen ini tentunya tak luput dari perhatian terkait dengan keselamatan kerja para pekerja yang terlibat dalam proyek ini. 

Sesuai dengan Pasal 14 Undang-Undang No.1 Tahun 1970 yang berisi tentang K3, yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pasal ini mewajibkan pemilik perusahaan atau pemilik proyek wajib menyediakan berbagai jenis alat safety lengkap, aman, dan sesuai dengan standard.

Alat-alat safety ini nantinya wajib dipakai oleh semua pekerja proyek sebagai bagian dari alat pelindung diri. Alat safety ini beragam jenisnya. Harga tiap jenisnya pun berbeda, tergantung pada kualitas. Alat-alat safety ini tentunya dapat dibeli di berbagai toko alat safety yang tersebar di berbagai kota, termasuk Jakarta. 

Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek

Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek

Alat safety untuk para pekerja proyek adalah seperangkat alat pelindung yang wajib dipakai oleh para pekerja proyek selama bekerja dan berada di lingkungan kerja.

Alat pelindung ini harus dipakai sebagai bagian dari upaya melindungi diri dari berbagai risiko cidera, terluka, atau bahkan risiko kematian akibat kecelakaan kerja. Agar dapat berfungsi dengan baik, alat-alat safety ini harus sesuai dengan standard dan persyaratan yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Alat Safety Diri dan Kegunaannya

Meski sama-sama berfungsi sebagai alat safety, ada beberapa item alat safety khusus pekerja proyek yang berbeda dengan item alat safety pada umumnya. Alat safety untuk para pekerja proyek ini biasanya kurang lebih sama dengan alat safety yang dikenakan oleh para pekerja di bidang industri.

Karena bidang konstruksi tidak hanya membangun sebuah fasilitas umum baru, melainkan juga memperbaiki fasilitas umum yang masih aktif atau masih dipakai, para pekerja tentunya wajib memakai alat pelindung diri demi keselamatan diri mereka. Lantas, alat safety apa saja yang umum dan wajib dipakai oleh para pekerja proyek? Berikut kami share informasinya untuk Anda. 

Helm Pengaman/ Helmet Safety

Helmet safety adalah salah satu item yang wajib dipakai oleh semua pekerja proyek. Helm pengaman ini berfungsi sebagai pelindung bagian kepala dari risiko benturan benda-benda keras, suhu panas akibat paparan sinar matahari, dan risiko jatuh.

Tekstur helm pengaman ini harus keras dan kokoh namun ringan agar tetap nyaman selama dipakai. Helmet safety yang biasa dijual di toko alat safety umumnya terbuat dari bahan plastik berkualitas plus lapisan kain di bagian dalam helm agar nyaman ketika dipakai. 

Masker 

Masker yang khusus dipakai oleh para pekerja proyek berfungsi untuk menyaring udara yang kotor akibat terkontaminasi oleh partikel debu, baik debu kasur maupun debu halus.

Masker dengan tipe tertentu dapat secara efektif untuk menyaring udara dari risiko kontaminasi gas beracun, uap, asap, atau kabut yang berpotensi terjadi di lingkungan proyek. 

Kacamata Pelindung

Kacamata pelindung juga ada cukup banyak variannya. Namun untuk kepentingan keperluan proyek, ada beberapa tipe kacamata pelindung yang umum dipakai. Kacamata pelindung mata tipe biasa, misalnya, biasanya dipakai oleh pekerja yang tidak menangani pekerjaan berat seperti mengelas dan lain sebagainya.

Adapun secara umum, kacamata pelindung ini berfungsi sebagai pelindung mata dari risiko masuknya benda-benda kecil ke dalam mata, lemparan material berukuran kecil, paparan cahaya yang menyilaukan, dan paparan radiasi. 

Ada satu tipe kacamata yang bisa dibilang paling aman sehingga cocok dipakai oleh pekerja dengan detail pekerjaan yang berisiko. Kacamata ini dinamakan Protective Goggles.

Kacamata ini sangat direkomendasikan karena mampu melindungi mata dari risiko terkena percikan bahan-bahan kimia, logam cair, partikel debu, dan tentunya gas/ asap beracun. 

Sarung Tangan

Sarung tangan juga terbagi menjadi beberapa varian, tergantung pada fungsi dan bahannya. Dari segi bahan, misalnya, terbagi menjadi sarung tangan kulit, sarung tangan lateks, sarung tangan kain, dan sarung tangan bahan sintetis.

Sarung tangan kain biasanya dipakai untuk melindungi kedua tangan dari risiko kerja ringan, sedang sarung tangan berbahan lateks sangat efektif untuk memberi perlindungan pada tangan dari risiko cairan yang berbahaya, seperti larutan kimia, droplet pada pasien positif Corona, dan cairan-cairan berbahaya lainnya.Ada juga sarung tangan karet atau rubber yang sungguh berfungsi untuk melindungi tangan dari sengatan listrik. 

Selain dari segi bahan, ada juga opsi sarung tangan lain yang perlu kita ketahui terkait dengan pentingnya pengenalan alat safety. Sebut saja sarung tangan anti-panas, latex disposal gloves, padded cloth gloves, dan metal mesh gloves

Sepatu dan Safety Belt – Sepatu pelindung wajib dipakai oleh semua pekerja proyek karena dapat memberi perlindungan pada kaki dari lokasi proyek yang becek, kotor, bersuhu tinggi-rendah, benturan benda keras, tumpahan cairan kimia berbahaya, dan masih banyak perlindungan lainnya.

Ada tipe-tipe sepatu pelindung tertentu yang didukung dengan lapisan khusus seperti metal yang mampu memberi perlindungan ekstra dari risiko tusukan dari benda-benda tajam, paparan benda panas, dan cipratan cairan kimia. Safety belt di sini mampu menahan tubuh pekerja dari risiko terjatuh.

Komentar Dinonaktifkan pada Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek