Beberapa Hal Mengenai Wisata Pulau Komodo yang Perlu Kamu Tahu

Posted on Februari 2, 2021Komentar Dinonaktifkan pada Beberapa Hal Mengenai Wisata Pulau Komodo yang Perlu Kamu Tahu

Pulau Komodo adalah salah satu pulau di Indonesia yang memilik daya tarik tersendiri. Selain menikmati keindahan alamnya, tujuan utama kebanyakan turis melakukan wisata Pulau Komodo adalah melihat langsung habitat satwa Komodo.

Hewan Komodo adalah satwa langka dunia yang hidup di Pulau Komodo. Satwa ini memang hanya ada di Indonesia.  Populasinya hanya tinggal 2500 sampai 3000an ekor. Itulah sebabnya PBB melalui UNESCO menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus dilindungi.

Selain hewan Komodo, Pulau Komodo ternyata menawarkan banyak keindahan lain seperti pantai yang menawan.  Jika kamu tertarik mengadakan wisata Pulau Komodo, berikut kami paparkan beberapa hal yang berhubungan dengan Pulau Komodo yang harus kamu ketahui sebelum menuju Pulau Komodo.

Labuan Bajo adalah Pintu Utama Menuju Pulau Komodo

Satu-satunya pintu utama menuju wisata Pulau Komodo adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo adalah kota pelabuhan. Dari tempat ini kamu akan mendapat tumpangan yaitu speed boat menuju Pulau Komodo.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Pulau Komodo dari Labuan Bajo adalah kurang lebih 3 jam.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Untuk masuk ke tempat wisata Pulau Komodo ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak.  Harga tiket masuknya cukup murah. Bagi wisatawan lokal hanya cukup dengan membayar Rp. 5000. Sedangkan untuk wisatawan asing, dikenakan harga yang berbeda yaitu Rp. 150.000.

Selain biaya masuk tersebut, setiap pengunjung akan dikenakan biaya pemandu wisata. Besaran biaya itu adalah Rp. 85.000. Biaya ini wajib, sebab setiap pengunjung harus didampingi pemandu demi keamanan dan keselamatannya.

Berinteraksi Dengan Hewan Komodo

Nah, aktivitas utama yang pasti akan kamu nikmati di pulau ini adalah melihat langsung hewan kebanggan Indonesia yang satu ini.

Di sini kamu akanmelihat aktivitas dan kehidupan Komodo. Kamu juga bisa berinteraksi dengan Komodo. Dan tentunya kamu harus didampingi seorang ranger. Kamu juga bisa berpose denga kadal besar dengan tekhnik tertentu yang hanya bisa dilakukan seorang ranger.

Menikmati Pantai Pink

Dimana lagi kamu akan bisa melihat pemdangan unik pantai yang berwarna pink kalau bukan dengan melakukan wisata Pulau Komodo? Ya, Pantai Pink adalah pantai satu-satunya di Indonesia yang memiliki pasir berwana pink. Informasi tambahan buat kamu, pantai ini termasuk salah satu pantai bertwarna pink dari 7 pantai Pink Beach di dunia, lho!

Mengunjungi Gugusan Pulau Kecil

Selain pulau utama ini, di sekitar pulau Komodo juga terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang temasuk dalam daerah wisata Pulau Komodo. Dari pulau Komodo, kamu dapat mengunjungi pulau Rinca, Pulau Pandar dan Kalong.

Baca juga: Alat Safety Khusus untuk Pekerja Proyek

Pulau-pulau kecil ini juga memiliki daya tariknya masing-masing. Semisal Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang dan Pulau Nusa Kode yang masih menjadi habitat Komodo. Selain itu, pulau-pulai ini memiliki beberapa pantai cantik yang menawan.

Hiking di Pulau Padar, Bagian Dari Wisata Pulau Komodo

Pulau Padar adalah salah satu pulau cantik yang termasuk dalam kawasan wisata Pulau Komodo. Pulau ini memiliki spot yang istimewa. Bagi kamu yang ingin mendapatkan foto yang cantik dari puncak bukit Padar, kamu bisa melakukan hiking di pulau ini.

Sesampai di puncak bukit, kamu akan menikmati keindahan 3 buah teluk yang super menawan. Kamu bisa melihat 3 lekukan besar dari dua sisi tebing yang berbeda.

Diving dan Snorkeling

Taman Nasional Komodo memiliki luas 137.000 hektar. 60 persen dari luas ini merupakan perairan. Perairan ini sangat terkenal dengan biota taman lautnya seperti terumbu karang, ikan, dan air yang tampak jernih kebiru-biruan.

Bagi kamu pecinta olahraga air, kamu dapat melakukan scuba diving di tempat ini. Selain itu juga kamu bisa melakukan snorekling. Kedua jenis olaharaga ini dapat kamu lakukan di Manta Point. Manta Point adalah titik dimana terdapat banyak terdapat ikan pari. Kamu bisa berenang bersama ikan pari.

Tertarik melakukan perjalanan wisata Pulau Komodo dan sekitarnya? Rencanakanlah itu sekarang.

Kalau kamu mau melakukannya ala backpackeran , silahkan. Atau mau berramai-ramai, silahkan kunjungi situs-situs internet yang menyediakan berbagai paket trip Labuan Bajo yang biasanya juga sudah memasukan Pulau Komodo sebagai salah satu destinasinya!

Komentar Dinonaktifkan pada Beberapa Hal Mengenai Wisata Pulau Komodo yang Perlu Kamu Tahu