Tips Merintis Bisnis Sedot WC Jakarta

Posted on Desember 1, 2020Komentar Dinonaktifkan pada Tips Merintis Bisnis Sedot WC Jakarta

Mungkin bagi sebagian besar orang, berprofesi sebagai tukang sedot wc adalah profesi yang sangat menjijikan. Padahal, jika dipikir-pikir, peluang bisnis jasa sedot WC sangat besar. Bahkan berpotensi menghasilkan profit yang sangat besar.

Bagaimana tidak, coba kalian  bayangkan ada berapa orang yang menggunakan WC atau toilet setiap harinya. Dari sini saja kita bisa membayangkan bahwa masyarakat Jakarta memang memerlukan jasa sedot WC Jakarta agar mereka dapat dengan nyaman menggunakan toilet atau WC tanpa harus mengalami masalah WC mampet dan septic tank penuh. 

Dari besarnya peluang ini, kini mulai bermunculan bisnis penyedia jasa sedot WC yang bisa kita jumpai di berbagai kota dan daerah. Salah satunya adalah jasa sedot WC Jakarta. Mungkin kalian berminat untuk merintis bisnis yang serupa, berikut kami bagikan beberapa tips penting untuk merintis bisnis sedot WC. 

Pastikan Lokasi Strategis

Salah satu tips yang paling utama dan pertama yang wajib diperhatikan adalah lokasi. Lokasi bisnis jasa sedot WC Jakarta sangat penting karena faktor lokasi akan sangat menentukan peluang sukses atau tidaknya suatu bisnis, termasuk bisnis jasa sedot WC. Pastikan bahwa lokasi yang kamu pilih adalah lokasi yang strategis. Misal di tengah kota, di pinggir jalan raya, atau di dekat pemukiman warga. 

Siapkan Modal

Modal juga menjadi faktor pendukung utama untuk memulai bisnis jasa sedot WC Jakarta. Modal untuk merintis bisnis macam ini bisa dibilang tidak sedikit karena memang bisnis jasa sedot WC ini memerlukan perlengkapan dan peralatan yang banyak.

Baca Juga: Jasa Sedot WC Jakarta Barat yang Profesional

Sebut saja truk atau mobil pengangkut, berbagai jenis dan ukuran pipa dan selang, dan beberapa peralatan lainnya yang memang wajib dimiliki oleh semua pengelola bisnis jasa sedot WC. 

Selain modal untuk membeli perlengkapan dan peralatan, serta truk atau mobil, modal non-teknis juga diperlukan. Misalnya, modal untuk kebutuhan pembangunan dan operasional kantor, kebutuhan karyawan, dan juga kebutuhan promosi atau iklan. Adapun gambaran rincian modal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis jasa sedot WC Jakarta sebagai berikut.

Modal investasi di sini meliputi penyediaan mobil atau truk tangki. Hasil survey menyebutkan bahwa satu unit truk tangki bekas saja dibandrol dengan harga Rp. 60 juta. Untuk harga unit truk tangki yang baru, sudah pasti di atas 60 juta rupiah. 

Modal operasional untuk merintis sebuah bisnis sedot WC Jakarta meliputi biaya gaji karyawan, biaya promosi dan pemasangan iklan, dan masih banyak biaya lainnya. Tentu saja modal ini nantinya akan dibutuhkan tiap bulan. 

Modal yang terakhir adalah modal nekat. Modal nekat ini lebih cenderung mengarah pada modal kekuatan mental yang mana dibutuhkan kekuatan metal untuk memulai bisnis ini.

Hal ini wajar karena kamu akan dihadapkan dengan hal-hal yang ada kaitanya dengan masalah-masalah pada toilet atau WC dan bahkan septic tank. 

Belum lagi jika terjadi masalah teknis seperti kebocoran pada selang ketika proses penyedotan sedang berlangsung. Mau tak mau tukang sedot WC harus membersihkan material yang bocor tanpa menunjukan rasa jijik. 

Lakukan Promosi

Promosi sudah tentu sangat penting dilakukan agar bisnis jasa sedot WC Jakarta dikenal oleh masyarakat umum . Ada begitu banyak cara untuk mempromosikan bisnis jasa sedot ini.

Sebut saja promosi dengan cara konvensional seperti melalui pembagian brosur, pamphlet, bahkan pemasangan iklan di surat kabar. Ada juga metode promosi secara online melalui situs atau web. Nah, metode yang kedua ini yang dinilai berdampak besar bagi kesuksesan suatu bisnis sedot WC. 

Hal ini sangat wajar karena dengan melalui media online, promosi akan berlangsung dengan cepat, real time, dan pastinya dapat menjangkau viewers yang sangat luas.

Tak hanya menjangkau kota atau daerah di mana bisnis jasa sedot WC beroperasi, bahkan bisa menjangkau daerah-daerah di luar daerah operasional bisnis sedot wc yang kamu rintis. 

Atau bisa juga dengan memanfaatkan akun-akun media sosial yang kamu punya sebagai media promosi bisnis baru yang kamu rintis. Misal Facebook, Instagram, Twitter, dan Whatsapp. Dengan melalui akun-akun media sosial ini, pastinya jangkauan promosi akan jauh lebih luas sehingga meningkatkan peluang kesuksesan bisnis kamu ini. 

Sebenarnya ada beberapa tips penting lainnya yang wajib kamu perhatikan. Sebut saja utamakan kualitas servis, harga  yang terjangkau namun servis yang memuaskan, jalin kerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung, rekruitmen karyawan-karyawan berkualitas terbaik, dan membuat SOP yang tepat dan benar. 

Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, peluang kamu untuk menjadi pebisnis jasa sedot WC Jakarta sukses sangatlah besar. Jangan lupa untuk terus bekerja keras dan semangat dalam menekuni bisnis jasa sedot WC ini.

Komentar Dinonaktifkan pada Tips Merintis Bisnis Sedot WC Jakarta