Tips Memilih Provider Broadband Internet dari First Media

Posted on Agustus 9, 2020Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memilih Provider Broadband Internet dari First Media
Koneksi Internet (www.aturduit.com)

Perkembangan internet semakin pesat, hampir semua orang menggunakan layanan internet demi menunjang kehidupan sehari-hari. Misalnya masyarakat lebih suka menggunakan video call untuk mempererat tali silaturahmi. Selain itu, TV modern sekarang banyak yang didesain terhubung dengan internet melalui layanan TV Kabel. Hal inilah yang mendorong First Media hadir untuk memenuhi kebutuhan provider broadband internet.

Penyedia provider broadband internet semakin hari bertambah banyak. Banyak yang menjanjikan kecepatan sambungan internet dengan harga relatif murah. Namun, sayangnya kenyataan tidak seindah janji-janji penyedia layanan tersebut karena seringkali jaringan hilang timbul. Oleh karena itu, ikuti tips-tips memilih provider broadband internet yang terpercaya dan berkualitas.

Performa dan Kualitas Jaringan di Indonesia

Types of Internet Services that are Available in Pakistan 2020
Sambungan Internet Router (www.paktales.com)

Ternyata performa jaringan internet di Indonesia beberapa bulan belakangan terpengaruh pandemi COVID-19. Berdasarkan data dari Ookla, perusahaan riset kecepatan internet global menyebutkan adanya penurunan kecepatan saat pengguna internet Indonesia mengunduh file. Terutama sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari Maret sampai Juni 2020. 

Adapun laporan lebih rinci penurunan kecepatan pengunduhan berbagai file sebagai berikut :

  • Rata-rata kecepatan pengunduhan file internet dari tanggal 16 Desember 2019 – 9 Maret 2020 mencapai 20,57 Mbps. Diperoleh dari volume penggunaan internet kabel  mencapai -3,5 persen. 
  • Selanjutnya menurun, dimana rata-rata kecepatan pengunduhan file internet dari tanggal 16 Maret – 8 Juni 2020 mejadi 19,67 Mbps. Namun, volume penggunaan internet kabel meningkat menjadi 24,69 persen.

Selain itu, analisis lembaga riset swasta We Are Social per April 2020 menegaskan pandemi membuat permintaan layanan internet di dunia meningkat. Terutama ketika diberlakukannya work from home dan beberapa wilayah yang ditetapkan lockdown.

Kebutuhan koneksi internet data yang digunakan terus menerus akan cepat habis. Itulah yang menyebabkan banyak orang beralih ke provider internet kabel yang lebih hemat dan efisien.

Tips Memilih Provider Broadband Internet

Cek Daftar Lengkap Provider Internet Terbaik di Indonesia | Rumah.com
Search Engine Google (www.rumah.com)

Berikut ini beberapa tips cerdas memilih provider broadband internet agar tidak berujung rugi.

1. Melihat Aktivitas Pengguna Internet di Rumah

Pertama-tama ketika hendak memilih provider internet tentukan tujuan penggunaannya. Misalnya, kebutuhan internet besar karena game online, streaming video, sosial media, ataupun browsing internet semata.

Ingat bahwa penggunaan internet untuk hal-hal berat seperti streaming video memerlukan kecepatan internet yang tinggi. Apabila internet digunakan untuk aktifitas ringan seperti web browsing  cukup gunakan internet dengan kecepatan 5 Mbps.

Sementara penggunaan internet untuk streaming video YouTube memerlukan kecepatan 10-20 Mbps. Untuk memainkan game online kecepatan internet juga tinggi, minimal 20 Mbps.

2. Hitung Perkiraan Budget Internet

Pertimbangkan juga berapa besar biaya yang Anda habiskan setiap bulan dalam memenuhi kebutuhan internet. Jangan sampai pengeluaran uang untuk berlangganan internet mengganggu pengeluaran kebutuhan pokok Anda. Oleh karena itu, pilihlah provider broadband internet yang menawarkan beragam pilihan paket sesuai budget Anda.

3. Pengguna Internet Siapa Saja

Banyaknya gadget dan perangkat PC yang terhubung ke internet akan mempengaruhi kecepatan internet. Jadi, sesuaikan paket berlangganan internet bulanan dengan banyaknya pengguna.

Contohnya, dalam satu lantai rumah terdapat 6 gadget dan 2 perangkat PC yang terhubung ke internet. Apabila menggunakan layanan provider broadband yang terbatas otomatis proses loading halaman internet akan lebih lama.

4. Provider Internet Paling Cepat

Lakukan survey terhadap provider internet untuk memperoleh layanan yang tercepat. Jangan sampai salah pilih provider yang mengunduh dan mengunggah file ataupun film memakan waktu lama.

5. Provider Yang Menjangkau Area Anda

Tak kalah pentingnya memilih provider yang menjangkau daerah Anda. Sehingga, kecepatan layanan internet yang disediakan anti buffering. Apabila mengalami gangguan layanan akan cepat ditangani provider tersebut. Jangkauan provider internet yang luas juga menunjukkan pengalaman dan profesionalitasnya.

6. Menyediakan Banyak Siaran TV Kabel

Banyak orang tergila-gila menonton siaran di TV kabel, misalnya Netflix dan Iflix. Banyak siaran TV mancanegara berkualitas dan populer yang sayang untuk dilewati. Dengan berlangganan layanan TV kabel biasanya Anda dapat  menikmati lebih dari 100 siaran yang berkualitas.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah FirstmediaXdan HomeCable HD. Dijamin kecepatan siaran streaming 200 Mbps dan gratis 167 channel TV lokal dan mancanegara yang berkualitas.

Alasan Memilih First Media

Semua provider broadband internet tentu menawarkan performa terbaiknya. Ketahui dahulu sederet alasan di bawah ini mengapa memilih first media menjadi langkah tepat.

1. Koneksi Jaringan Handal

Memiliki pengalaman dalam industri jaringan lebih dari 20 tahun. Penggunaan teknologi dan perangkat untuk menciptakan koneksi internet dijamin berkualitas.

2. Channel TV HD Berkualitas Terbaik

First media menggunakan Decorder terbaru yang dilengkapi berbagai fitur terbaik. Sehingga dapat menampilkan gambar dengan kualitas HD nan jernih. Film favorit dapat Anda nikmati dari layar kaca lebih realistis dengan memasang TV kabel HomeCable HD.

3. Penawaran Harga Terbaik

Jagonya memberikan harga terbaik dan selalu mengutamakan kualitas. Untuk metode pembayaran banyak, mulai dari aplikasi pembayaran My FirstMedia, aplikasi pembayaran lain, minimarket, marketplace, hingga transfer bank.

4. Memberikan Layanan Terbaik

Selalu memberikan layanan terbaik agar kebutuhan semua pelanggan dapat terpenuhi dengan maksimal. Ada Tim Layanan Pelanggan yang selalu dapat mendengarkan keluhan Anda 24/7 hari.

Setelah melihat tips-tips memilih provider broadband internet dan alasan mengapa first media pilihan tepat apakah cukup? Tentu saja Anda harus mengambil tindakan nyata dengan berlangganan, hubungi langsung marketing first media untuk informasi lebih lanjut.

Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memilih Provider Broadband Internet dari First Media