Alat Safety Diri dan Kegunaannya

Posted on September 19, 2020Komentar Dinonaktifkan pada Alat Safety Diri dan Kegunaannya

Dalam kebanyakan perusahaan, terdapat beberapa kesalahan yang dapat terjadi. Kesalahan ini tanpa sengaja akan menimbulkan kecelakaan yang dapat berakibat fatal. Mulai dari kerusakan permanen pada tubuh orang yang terkena hingga merenggut nyawa. Risiko ini juga jauh lebih parah pada pekerja-pekerja lapangan. Ini dikarenakan suasana yang langsung berhubungan dengan bahan dan hal yang diproduksi. Maka dari itu, sudah selayaknya menjadi tanggung jawab perusahaan atau bisnis untuk memfasilitasi para pekerja alat-alat untuk melindungi diri mereka. Di bawah ini adalah beberapa dari alat safety yang akan sangat dibutuhkan.

Alat safety Helmet

Seperti namanya, safety helmet adalah helm yang didesian khusus sebagai alat safety seperti pelindung. Helm ini dibuat dari bahan khusus plastik yang telah dimodifikasi. Ini agar bahan tetap ringan namun juga tahan akan benturan dari berbagai benda. Helm dipakai sebagai pelindung kepala agar tidak cedera ataupun terkena hal-hal yang tidak diinginkan.

Safety Belt

Selain sebuah helm, dibutuhkan juga alat lain seperti safety belt. Safety belt adalah sabuk pengaman yang didesain khusus untuk pekerja-pekerja lapangan. Alat ini dibutuhkan untuk pekerja yanng bekerja pada ketinggian. Ini dikarenakan diperlukan pengaman dan pengait agar pekerja tidak jatuh dan lebih terarah dalam ketinggian. Dalam safety belt sendiri terdapat strap yang dibuat khusus untuk menahan badan dengan bentuk pengaitan khusus yang menjaga badan secara seimbang. Alat safety ini juga dilengkapi tali yang akan menjadi penahan dari satu titik.

Safety Shoes

Jika perlengkapan safety yang tadi menjaga kepala dan badan dalam ketinggian, alat safety ini berfungsi untuk melindungi kaki kita. Safety shoes adalah sepatu khusus yang dibuat dari campuran kain khusus. Kain ini mencegah kaki dari benda tajam seperti paku maupun pisau atau gergaji yang tidak sengaja dilangkahi. Kain ini juga tahan akan panas dan melindungi kaki dari temperatur yang tinggi. Ini mengingat banyak sekali tempat kerja yang memiliki permukaan lantai panas berbahaya. Safety shoes juga dapat berfungsi sebagai pelindung dari cairan berbahaya. Ini seperti cairan kimia korosif ataupun beracun yang depat menyakiti tubuh.

Sepatu Boots Karet

Selain sepatu safety yang terbuat dari kain, ada juga sepatu safety yang terbuat dari karet. Sepatu ini lebih spesifik dalam desainnya dimana ia bertujuan untuk melindungi di area basah. Ini seperti are becek ataupun berlumpur.

Sama seperti safety shoes biasa, sepatu ini juga dapat melindungi kaki dari berbagai bahaya yang ada. Seperti panas, benda tajam, maupun cairan-cairan beracun. Ini dilakukan sepatu dengan lapisan metal yang dimilikinya. Maka dari itu, ini sepatu yang tak kalah pentingnya dari safety shoes.

Sarung Tangan

Jika ada alat untuk melindungi kaki, maka ada juga alat safety untuk melindungi tangan. Ini adalah sarung tangan. Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari cedera yang bisa terjadi di tangan. Bahan serta bentuk dan ketebalan juga sangat bervariasi. Mulai dari karet hingga kain bergerigi. Anda dapat memilih yang mana yang cocok untuk kebutuhan anda dengan variasi yang disajikan.

Masker

Salah satu alat yang paling berguna dalam kehidupan manusia adalah masker. Seperti yang kita ketahui, dalam masa covid-19 seperti ini, masker menjadi kebutuhan yang amat sangat penting. Ini karena masker mencegah partikel, udara, maupun cairan berbahaya yang dapat memasuki hidung, mulut dan sistem pernapasan.

Ini juga alat safety yang sama yang dibutuhkan di sebagian perusahaan dan lapangan kerja. Sama seperti sarung tangan, masker juga dibuat dari berbagai bahan dan dalam kebutuhan dan keadaan yang berbeda-beda. Jeli lah dalam menganalisa udara dan bahaya di dalam lingkup kerja. Maka dari itu, anda dapat memilih masker yang lebih cocok untuk lingkungan anda.

Jas Hujan

Ini tampak sangat sepele, namun sebenarnya adalah salah satu alat yang amat sangat berguna. Jas hujan seperti yang kita ketahui berfungsi untuk melindungi seluruh tubuh dari hujan ataupun cairan. Jas hujan dibutuhkan ketika cuaca tidak mendukung di lapangan. Selain dari itu, jas hujan juga dapat digunakan sebagai pelindung dari cairan asing yang tiba-tiba mengahampiri. Ini penting karena akan membantu kerja agar lebih efisien.

Safety Glasses

Kalau ada masker yang melindungi bagian wajah hidung dan mulut, kita perlu kacamata untuk mata. Nah, ada beberapa kacamat khusus bernama safety glasses atau safety goggles. Jika anda pernah melakukan praktikum kimia pasti kalian pernah bertemu dengan kacamata khusus ini. Untuk bentuk dan tipe juga bervariasi namun semua memiliki fungsi yang sama. Safety glasses dibuat agar mata tidak terkena infeksi dari udara ataupun cairan yang ada.

Ear Plug

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang biasanya tidak terlalu diperhatikan, namun sebenarnya perlu dilindungi. Ini karena suasana sekitar lapangan kerja dapat memiliki suara yang sakit pada telinga pekerja. Ini juga dapat merusak gendang telinga yang amat sangat sensitif.

Maka dari itu, dibutuhkan ear plugs untuk mencegah hal itu terjadi. Ear plugs ibaratkan earphones yang ditaruh untuk mencegah suara masuk. Ini sangat penting jika lapangan kerja memiliki mesin yang bersuara sangat kencang.

Face Shield

Jika anda menginginkan sesuatu yang bisa melindungi seluruh bagian wajah secara langsung, maka ini cocok. Face shield merupakan sesuatu yang juga sudah tidak asing dengan kita. Apalagi dalam masa pandemi ini. Dalam lingkungan perusahaan face shield juga dapat melindungi wajah secara sepenuhnya.

Pelampung

Yang terakhir adalah pelampung. Jika lapangan kerja berada di laut atau perairan, maka ini penting. Pelampung dapat menyelamatkan seseorang untuk tidak tenggelam serta menjaga keseimbangannya dalam permukaan air.

Inilah beberapa dari perlengkapan alat kerja pelindung diri yang diperlukan di lapangan kerja. Bagi perusahaan serta bisnis sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan membeli alat secara online. Ini dikarenakan penting untuk menjaga keselamatan para pekerja. Selain secara etika lebih baik, ini juga akan membuat kinerja perusahaan lebih efisien dan baik. Untuk mencari barang-barang ini, anda dapat mampir ke toko alat safety. Biasanya mereka menjual alat-alat ini secara lengkap.

Komentar Dinonaktifkan pada Alat Safety Diri dan Kegunaannya